Juli 04, 2012

MUSEUM GAJAH DJAKARTA Antara TRADISIONAL dan ARSITEKTUR ROMANTISM



MUSEUM GAJAH DJAKARTA
    Saya tertarik dengan cerita tentang Museum Gajah yang berada di Kota Jakarta, tempatnya dekat dengan monumen nasional, bila naik busway turun di terminal harmony. Bila saya amati, dengan keterkaitan arsitektur, museum ini mengusung tema “ Arsitektur Romantism “.

 
        Arsitektur Romantism adalah gerakan kompleks dalam seni dan sastra, yang melibatkan unsur emosi sehingga menyebabkan unsur klasik,  saya melihatnya terdapat  pilar – pilar besar, dan bangunan ini cukup tinggi, serta atap dengan unsur siluet klasik.





    Suasana diluar museum  ini, penataan nya sangat berkesan seperti gaya gothic dan ionic, sehingga terkesan bahwa bangunan ini menyampaikan unsur seperti opera, yang menampilkan tingkatan, sebenarnya ini adalah jalan  menuju sebuahh taman.

    Suasana di dalam setelah pintu masuk, membuat saya seperti berdiri di bangunan megah, bukan di indonesia tapi seperti berada di benua eropa. Unsur klasik ini kental, puluhan pilar – pilar berjejeran, dan juga berpuluhan arca ditempatkan, ini seperti penggabungan anatara gaya eropa dan budaya indonesia.

            Suasana dalam yang menunujukkan kemegahan




    Di sudut suasana interior ini, susananya kental dengan unsur tradisional klasik dan modern museum, melihat pintu masuk seperti masuk kedalan candi karena terdapat ukiran, tetapi setelah masuk kedalamnya, terlihat kesan yang sangat modern, terkesan mewah dengan penataan lampu dan kaca.


    Susana interior lain, seperti peninggalan budaya indonesia, museum ini tetap mempertahankan kesan budayanya sesuai dengan peninggalan masing masing, seperti unsur lantai yang masih kuno, serta atap plafon yang masih terdapat siluet garis di pinggirnya.
   
    Ini adalah sudut dari interior, dimana terdapat kaca kaca besar yang view nya bisa melihat ke taman, dan jalan raya Jl. Medan Merdeka Barat.

    Dalam museum gajah ini, saya sangat tertarik dengan unsur jendela kuno yang masih dpertahankan, walaupun mengusung tema arsitektur romantism, tetapi masih juga mengandalkan unsur tradisional budaya jawa, unsur ini sangat terkesan elegant, dan saya sangat tertarik dan terkesan dengan jendela ini.
    Inilah cerita pengalaman saya, di Museum Gajah Jakarta. Indonesia memang kaya akan kebudayaan, walaupun banyak tema, yang sangat unik, tetapi harus mempertahankan suasana kebuayaan indonesia. Ini seharusnya menjadi nilai terpenting,, untuk tema arsitektur indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar